Codeigniter 3: CRUD

Codeigniter 3: CRUD

Categories: tutorial-id
Tags: ajaxaplikasibootstrapchartjscicodeignitercruddatabasedatatablesfontawesomephptutorialwebsite
← Back to home

Framework PHP

What?

PHP (Hypertext Preprocessor), merupakan salah satu bahasa script open source populer karena fleksibel, mudah digunakan, gratis, dan sebagainya; dimana script tersebut dieksekusi di sisi server.

Sedangkan framework, secara harfiah dapat diartikan sebagai rangka atau kerangka. Dalam dunia komputasi framework PHP bisa dipahami sebagai sebuah platform yang digunakan untuk membangun aplikasi web. Dimana framework PHP tersebut sudah dilengkapi dengan library yang telah dikemas dengan kelas-kelas, fungsi-fungsi dan elemen-elemen yang dibutuhkan untuk mewujudkan pola design perangkat lunak.

Gagasan yang mendasari framework PHP adalah MVC yaitu model view controller. MVC adalah pola arsitektur dalam programming yang memisahkan business logic dari user interface, sehingga dapat dimodifikasi secara terpisah satu dari lainnya (separation of concern). Model mengacu pada data, View mengacu pada presentasi dan Controller mengacu pada business logic. Pada dasarnya MVC memisahkan proses pengembangan sebuah aplikasi sehingga dapat dikembangkan pada sebuah elemen individu tanpa mempengaruhi elemen lainnya. Hal ini membuat coding dalam PHP menjadi lebih cepat dan mengurangi kompleksitas coding.

Why?

Alasan utama para pengembang web menggunakan framework PHP adalah untuk mempercepat proses pengembangan aplikasi web. Penggunaan ulang (reuse) code lintas projek yang serupa akan menghemat waktu dan tenaga pengembangan web secara drastis, selain itu framework juga sudah dibekali dengan modul-modul untuk melaksanakan tugas coding yang membosankan, sehingga pengembang dapat menggunakan waktunya untuk mengembangkan aplikasi daripada membangun ulang pondasi dari setiap projek.

Alasan kedua adalah stabilitas dengan penggunaan framework. Dimana kesederhanaan merupakan aset utama PHP, sehingga banyak pengembang memilih menggunakan bahasa script PHP, namun hal ini juga bisa menjadi awal kehancuran PHP. Pengembang, terutama pengembang aplikasi pemula, dapat membuat code yang buruk tanpa sepengetahuannya sendiri. PHP seringkali masih dapat berjalan dengan code yang buruk tersebut namun bisa saja hal tersebut menyebabkan celah pada keamanan aplikasi.

Selanjutnya, ketersediaan framework PHP yang luas, sehingga pengembang dapat bebas memilih framework yang ingin digunakan.

Adapun beberapa framework PHP yang populer adalah:

  • Laravel
  • Symfony
  • Codeigniter
  • Yii
  • Phalcon
  • Cake PHP
  • Zend Framework
  • etc

Lebih lanjut materi dapat didownload melalui link file pdf di bawah ini.

Membangun Aplikasi Web dengan Framework PHP

← Back to home